Antisipasi Gangguan Jaringan Listrik, Petugas PLN Rayon Cisalak Lakukan Pemangkasan Pohon

PLN

SUBANG, LENSAJABAR.COM — Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi listrik pada jaringan, Petugas PLN Cisalak lakukan pemangkasan pohon-pohon di dekat jaringan listrik di Sekitar wilayah Cisalak, Kecamatan Cisalak, Rabu (30/10).

Menurut Petugas lapangan PLN Cisalak Ato Saepuloh menuturkan “salah satu penyebab padamnya aliran listrik yang paling dominan adalah karena gangguan pohon selain faktor alam.

“Karena itu, petugas harus rutin menyelusuri jaringan sekitar (JTM) Cisalak – Tanjungsiang untuk membersihkan pohon yang berpotensi menganggu jaringan listrik tersebut apalagi sekarang di musim penghujan yang sudah tiba” tandas Ato.

“Namun dalam pemangkasan pohon tersebut, pihak kami tetap akan meminta izin kepada warga atau dinas tergantung keberadaan pohon tersebut dan sekaligus sosialisasi jika dahan dan ranting pohon yang berada di dekat jaringan bisa mengganggu distribusi listrik ke rumah pelanggan” katanya.

“Gangguan listrik di sebakan karena ranting atau batang pohon yang menyentuh jaringan sering kali tidak dapat diprediksi kapan waktunya, dan pemulihannyapun membutuhkan waktu yang tidak sedikit karena petugas harus menelusuri sepanjang jaringan,” ujarnya.

lanjutnya, berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 18 Tahun 2015, Right Of Way (ROW) atau ruang bebas adalah ruang yang dibatasi oleh bidang vertikal dan horizontal di sekeliling dan di sepanjang konduktor SUTT, SUTET, atau SUTTAS di mana tidak boleh ada benda di dalamnya karena berbahaya.

Lebihlanjut Ato menambahkan, Untuk itu harus dilakukan pemangkasan pohon yang berada di dekat jaringan listrik milik PLN, selain untuk menjaga keamanan pasokan listrik, namun juga menjaga keselamatan masyarakat dan lingkungan di sekitar jaringan listrik.

“Sebab posisi aman jarak Jaringan Tegangan Menengah (JTM) dengan pepohonan atau bangunan di bawahnya adalah kurang lebih Tiga Meter” tegas Ato.

Masih dikatakan Ato Saepuloh, dalam melaksanakan pembersihan jaringan listrik dari benda-benda yang berpotensi mengganggu kontiniuas pasokan listrik tersebut.( Gerry )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *