Dandim 0406/Mura Dampingi Bupati Muratara Panen Raya Padi Sawah

oleh -52 views

MURATARA,LENSAJABAR.COM – Komandan Kodim 0406/Mura Letkol Inf M. A’an Setiawan, S.Sos., M.I.Pol. mendampingi Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) HM. Syarif Hidayat melakukan panen raya padi sawah bertempat di Desa Bingin Rupit Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara.

Acara yang digelar pada Kamis (15/8/2019) tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Muratara Bpk. Efrianyansah, Kapolres Mura AKBP Suhendro diwakili Kabagops Kompol Handoko, Danramil 406-03/Muara Rupit Kapten Czi Epi Sugiarto, Kadistan Muratara Bpk Suhardiman, Camat Muara Rupit dan Kades Bingin Rupit Bpk Hengki Basyif serta unsur UPD Muratara lainnya.

Acara dibuka secara simbolis dengan melakukan pemanenan padi sawah oleh Bupati Muratara HM. Syarif Hidayat bersama Muspida dan Ketua PKK, GOW hingga Kades Bingin Rupit Hengki Basyif.

Usai pembukaan, Kades Bingin Rupit Hengki Basyif mengatakan, potensi 70 hektar selama 2 tahun digarap. Namun hanya 30 hektarnya dan yang sudah siap panen baru 15 hektar. “Kami tahun depan, rencanakan membuka 40 hektar lagi. Untuk itu mohon bantuan Pak Bupati dan Ketua Dewan”, ujarnya.

Dia menceritakan, asal muasal lahan tidur yang saat ini tergarap oleh warga. Berkat kekompakan dan dukungan warga, lebih 1 bulan mencangkul sawah baik siang dan malam hari. Diakuinya, dalam proses pengolahan sawah padi bukan mudah seperti membalikkan tangan namun perlu kerja keras dan kerjasama yang baik diutamakan.

“Kendalanya cuaca dan banjir. Kami mengucapan terimakasih pada Pak Bupati, dan Kepala Dinas Pertanian yang cepat tanggap membantu warga dengan alat dan bibit hingga panen bersama. Jadi sekarang, warga tidak lagi beli beras karena sudah ada. Kami sangat terbantu dengan adanya panen raya ini”, tuturnya.

Dia juga berharap adanya bantuan pembangunan jalan menuju Desa Bingin Rupit agar hasil produksi pertanian lebih mudah diakses. “Ya jalannya diharapkan dibangun agar mudah mengangkut hasil pertanian,” harapnya.

Sementara itu Bupati Muratara HM Syarif Hidayat menanggapi hal itu, pihaknya siap membangun infrastruktur jalan dari Desa Bingin Rupit ke Desa Bingin Jaya. Sehingga masyarakat mudah mengangkut hasil produksi pertanian. “Saya berharap Kades lain bisa mencontoh Desa Bingin Rupit yang mampu mengolah lahan tidur menjadi lahan persawahan”, jelasnya.

Setidaknya, bila harga sawit dan karet murah maka warga bisa beralih ke tanaman padi guna mencukupi kebutuhan sehari hari. “Ini sesuai visi misi Muratara yakni membuka lahan tidur guna diolah menjadi pertanian sehingga mensejahterakan rakyat”, ungkapnya. (Penrem/RSP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *