Pangdam Buka Secara Resmi Apel Dansat Terpusat Kodam II/SWJ 2019

oleh -21 views

MUBA, LENSAJABAR.COM –Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., selaku Inspektur Upacara (Irup) membuka secara resmi kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) Tersebar Kodam II/Swj TA. 2019, Selasa (5/3/2019) dalam suatu upacara yang dipusatkan di Markas Komando Dodik Secaba dan Secata Rindam II/Swj, Puntang – Lahat, Sumsel.

Kegiatan Apel Dansat Kodam II/Swj kali ini berlangsung selama 2 (dua) hari, terhitung mulai pembukaan pada tanggal 5 sampai 6 Maret 2019 ini diikuti 178 peserta terdiri dari para Danrem, para Dan/Kabalakdam II/Swj, para Dandim, para Dansatpur/Dansatbanpur, para Danki dan para Perwira bidang Operasi dari berbagai kesatuan jajaran Kodam II/Swj.

Adapun tema yang diusung pada kegiatan Apel Dansat Kodam II/Swj TA. 2019 kali ini adalah, “Melalui Apel Dansat Kodam II/Sriwijaya TA. 2019, Kita Wujudkan Profesionalisme dan Netralitas TNI Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI AD”,

Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., menjelaskan bahwa, hakikat Pembinaan Satuan adalah upaya Komandan Satuan dalam meningkatkan kemampuan prajurit dan satuannya melalui pemanfaatan fungsi organisasi, personel, materiil, pangkalan, peranti lunak dan latihan secara efektif dan efisien serta berkelanjutan guna mencapai satuan yang siap operasional.

“Untuk itu, Komandan Satuan harus mampu menganalisa tuntutan tugas guna menentukan prioritas kegiatan secara tajam dan proporsional sehingga sasaran kegiatan pembinaan di satuannya tercapai secara optimal, sehingga diharapkan akan terbentuk prajurit yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago bela diri dan memiliki fisik yang prima”, ungkapnya.

“Dalam waktu dekat kita akan menghadapi Pemilihan Legislatif serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Tentunya kita semua berharap agar kondusifitas di wilayah Kodam II/Swj tetap terpelihara, sehingga Pembangunan Nasional dalam rangka peningkatan kesejahteraan rakyat terus berlangsung”, ucapnya.

Agenda di hari pertama dalam kegiatan Apel Dansat kali ini diisi dengan Jam Pimpinan / Pengarahan Pangdam II/Swj, Evaluasi dan penekanan dari Kasdam, ceramah Irdam dan para Asisten Kodam II/Swj. Pada sore harinya, kegiatan dilanjutkan dengan olahraga bersama dan pada malam hari seluruh peserta melaksanakan kegiatan Diskusi hingga waktu istirahat malam pada pukul. 21.30 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan Apel Dansat tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Para Danrem, Para Staf Ahli Pangdam II/Swj, Para Asisten dan para Dan/Ka Balakdam II/Swj, LO TNI AL dan LO TNI AU Kodam II/Swj serta para peserta Apel Dansat Kodam II/Swj.

Untuk diketahui, diselenggarakannya kegiatan Apel Dansat ini merupakan salah satu sarana untuk membangun komunikasi dua arah antara Pimpinan Kodam II/Swj dengan para Dansat, dalam rangka menyatukan visi dan misi, menumbuhkan kembali nilai-nilai jati diri prajurit, memelihara soliditas, sekaligus mengukur kualitas para Komandan Satuan selaku penentu keberhasilan kegiatan pembinaan di satuan masing-masing.

Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah terwujudnya keseragaman pemahaman pokok-pokok kebijakan Pimpinan Kodam II/Swj guna menjamin kesiapan operasional satuan, terwujudnya sinergitas dan soliditas antar Dansat guna pencapaian tugas pokok. (Riyan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *